YUDI IRAWAN YUDI IRAWAN YUDI IRAWAN SHARING: CARA MENYEMBUNYIKAN RUN >

Jumat, 13 Januari 2012

CARA MENYEMBUNYIKAN RUN

Menu Run memang sangat banyak fungsinya, terutama untuk mngeksekusi atau menjalankan program yang terinstall di komputer. Run biasanya terletak pada start menu, seperti pada gambar dibawah. Untuk mengakses run selain melalui start menu, dapat juga dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + R. Setelah menu run tampil, selanjutnya anda ketik perintah untuk membuka suatu program atau suatu perintah. Misalnya anda ingin membuka program foxit reader, program ini terletak pada directory “C:\Program Files\Foxit Software\Foxit Reader\Foxit Reader.exe” maka silahkan ketikkan C:\Program Files\Foxit Software\Foxit Reader\Foxit Reader.exe pada menu run kemudian tekan enter, maka Program foxit reader akan terbuka.
menu run start menu
Selain untuk membuka suatu program, menu run bisa juga untuk membuka program pengaturan windows yang lain seperti membuka jendela registry editor (REGEDIT) dan membuka jendela group policy editor (GPEDIT). Selain itu anda dapat pula memberi perintah shutdown otomatis atau restart otomatis dengan menggunakan menu run. Dan masih ada fungsi-fungsi lainnya.
Namun demikian jika anda ingin menghilangkan atau menyembunyikan run di start menu, dapat diikuti langkah berikut ini :
  1. Klik kanan pada start kemudian pilih properties

    properties start menu
  2. Aktifkan tab Start Menu kemudian klik Customize
    customize start menu
  3. Pada jendela yang muncul aktifkan tab Advanced, pada start menu items, scroll kebawah dan hilangkan tanda centang pada Run Command kemudian klik OK, OK,

    hide start menu 
Selain cara diatas, anda dapat pula menyembunyikan menu run di start menu dengan menggunakan gpedit. Mulai dari sekarang menu run di Start menu sudah tidak nampak lagi. Untuk mengembalikan kepada kondisi semula tinggal beri tanda centang pada urutan langkah nomor 4 diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar